Laman

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 30 Desember 2014

Neraka

1. APAKAH NERAKA ITU?

Neraka adalah tempat tinggal penuh kesengsaraan yang berada di akhirat. Di dalamnya penuh dengan kobaran api yang bergejolak dahsyat. Demikian dahsyatnya hingga api itu mengelupas kepala dan menusuk hati. Bahan bakar neraka adalah manusia dan batu.

Neraka diperuntukkan bagi hamba yang kafir, munafik yang senantiasa berlumur dosa, tidak mau bertobat, hamba yang musyrik dan yang mendustakan ayat-ayat Allah, mereka yang malas tidak mau mengerjakan perintah-Nya, mereka yang terus menerus mengerjakan kemaksiatan hingga melampaui batas.



Allah mengancam orang-orang kafir dengan hal itu dan menakut-nakuti orang-orang yang sombong, pembangkang dan durhaka agar mereka meninggalkan segala yang dilarang Allah Swt. agar mereka meninggalkan segala yang dilarang Allah swt.

Tersebut dalam Surat Al Baqarah, ayat 39 :

"Adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya".

Juga terdapat dalam Surat Yunus, ayat 27 :

"Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan-kejahatan mendapat balasan kejahatan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tiada bagi mereka seorangpun yang melindungi dari (adzab) Allah se akan-akan muka mereka ditutupi dengan sebagian malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal didalamnya."

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)." (QS. AN NISA:10)

"Demikianlah Allah menakut-nakuti hamba-hamba-Nya dengan siksaan itu." (QS. AZ ZUMAR:16)

2. MALAIKAT PUN TAKUT KEPADA NERAKA

Maimun bin Mahran mengatakan, tatkala Allah menciptakan Jahannam, Dia menyuruhnya bersuara keras. Maka, semua malaikat yang tujuh bersungkur.

Kemudian Allah Swt. berkata kepada mereka, "Angkatlah kepalamu, Tidakkah kalian mengetahui bahwa aku menciptakanmu untuk menaati-Ku dan beribadah kepada-Ku dan Kuciptakan Jahannam untuk makhluk-Ku yang mendurhakai Aku?"

Mereka menjawab, "Ya Tuhan kami, tidaklah kami merasa aman darinya hingga kami melihat penghuninya".

Itulah maksud firman Allah Ta'ala, "Sesungguhnya orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) Tuhan mereka." (QS. AL MU'MINUUN:57)

3. PINTU-PINTU NERAKA

Seperti disebutkan dalam Surat Al Hijr, ayat 44 :
"Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan)untuk golongan yang tertentu dari mereka."

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada malaikat Jibril as. : "Siapakah orang-orang yang menempati pintu-pintu neraka itu?"

Malaikat Jibril menjawab:

"Pintu yang paling bawah, di dalamnya ditempati oleh orang-orang munafik dan orang-orang kafir. Pintu itu bernama 'Hawiyah'.
Pintu kedua namanya 'Jahim' yang didalamnya ditempati orang-orang musyrik.
Pintu ketiga namanya 'Saqar' di dalamnya ditempati orang-orang penyembah berhala.
Pintu keempat namanya 'Ladhaa' di dalamnya ditempati orang-orang majusi dan ditempati iblis dan orang-orang jadi pengikutnya.
Pintu kelima namanya 'Huthamah' di dalamnya ditempati orang-orang Yahudi.
Pintu keenam namanya 'Sa'iir' di dalamnya ditempati orang-orang Nasrani.
Pintu ketujuh ditempati orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu yang sampai meninggal dunia belum bertaubat."
Itulah jawaban malaikat Jibril. Kita sedang hidup di zaman umat Muhammad, maka di antara kita bila melakukan dosa besar, segeralah bertobat supaya tidak masuk neraka melalui pintu ketujuh.

4. BAHAN BAKAR NERAKA

Bahan bakar meraka adalah manusia dan batu.
Allah Ta'ala berfirman , "Peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir." (QS. AL BAQARAH: 29)
Sedang bahan bakar batu sudah dinyatakan selama seribu tahun sebelum digunakan untuk mengadzab para penghuni neraka.

5. POHON DI NERAKA

Tersebut di dalam Surat Ash Shaffat ayat 63-67 :
Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim.

Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka menyala. mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu.

Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.

Pohon zaqqum tumbuh dari dasar api neraka yang menyala. Sedangkan buahnya berwujud kepala-kepala setan. Inilah buah yang menjadi makanan orang-orang yang banyak melakukan dosa. Disebutkan dalam hadits Nabi bahwa semiskin-miskin ahli neraka adalah disaat mereka mohon pertolongan dengan makanan, kemudian didatangkan kepada mereka makanan kayuzaqqum. Begitu dimaka maka isi perut mereka semua semburat berantakan, otaknya mendidih dan dari dalam mulut mereka keluar api yang menjilat-jilat dan jasad mereka berjatuhan di antara telapak kaki mereka.

6. JURANG, ULAR DAN KALAJENGKING DI NERAKA

Selain ada api, di neraka juga ada jembatan, pohon, rantai, cambuk, belenggu-belenggu dan lainnya. Juga ada tujuh puluh ribu bukit, tiap bukitnya punya tujuh puluh ribu jurang, tiap jurang ada tujuh puluh ribu nyala api, tiap nyala api ada tujuh puluh ribu mahligai dan tiap mahligai ada tujuh rumah dari api, tiap rumah ada tujuh puluh ribu ular dan tujuh puluh ribu kalajengking dan tiap kalajengking memiliki tujuh puluh ribu ekor penyengat. Semua itu disediakan untuk menyiksa hamba yang berdosa.

7. JEMBATAN DI NERAKA

Jembatan atau sirath diciptakan oleh Allah SWT tepat di atas neraka. Sirath itu sangat licin dan mudah menggelincirkan, lebih lembut bentuknya daripada rambut, tajamnya melebihi pedang, gelapnya melebihi gelap malam hari.
Hanya hamba Allah yang beriman dan bertaqwa serta mengerjakan amal shaleh yang bisa melewati jembatan ini dengan selamat. Para pendosa dan pendurhaka pasti terpeleset dan masuk ke jurang neraka.
Hamba Allah melewati jembatan itu dengan bermacam-macam cara sesuai amalan mereka sewaktu hidup di dunia :
  1. Ada yang berjalan bagaikan kilat menyambar
  2. Ada yang berjalan bagaikan angin kencang
  3. Ada yang berjalan bagaikan burung terbang
  4. Ada yang berjalan bagaikan larinya kuda pacuan
  5. Ada yang berjalan dengan jalan cepat
  6. Ada yang berjalan bagaikan larinya binatang ternak
  7. Ada yang berjalan seperti lari sehari semalam
Ada yang melalui jembatan itu selama satu, dua dan tiga tahun. Ada pula yang memakan selama 15000 tahun (tahun dunia) dan ada juga yang berjalan berlutut sebagaimana tersebut dalam Surat Maryam 71-72 :
Dan tidak ada seorangpun dari padam, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.
Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.

8. NAMA-NAMA NERAKA

  1. Huthamah, nama ini tercantum dalam Al-Qur'an surat Al Humazah (104) ayat 4-5.
  2. Hawiyah, nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Qori'ah (101) ayat 9-10.
  3. Jahannam nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Hijr (15) ayat 43.
  4. Jahim nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat As-Syu'araa (26) ayat 91.
  5. Saqar nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an  Surat Al-Muddatstsir (26) ayat 26-27, 42
  6. Sa'ir nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa' (4) ayat 10; Surat Al-Mulk (67) ayat 5,10,11 dan lain-lain.
  7. Wail, nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Muthafifin, ayat 1-3
                                                                        ***

Sumber : Buku Para Calon Penghuni Surga & Neraka Karya : Imam Turmudzy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar